5 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Perawatan kulit yang baik termasuk di dalamnya adalah perlindungan sinar matahari dan pembersihan secara baik dapat membuat kulit Anda tetap sehat dan bersinar selama bertahun-tahun yang kedepan.

Tidak punya waktu untuk perawatan kulit intensif ? Anda masih bisa memanjakan diri dengan melakukan beberapa hal lain. Pilihan perawatan kulit dan gaya hidup sehat yang baik dapat membantu menunda proses penuaan alami dan mencegah berbagai masalah kulit. Mulailah dengan lima tips ini dengan serius.


1. Lindungi Diri dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Salah satu cara yang paling penting untuk merawat kulit Anda adalah dengan melindunginya dari sinar matahari. Paparan sinar matahari terus menerus dapat menyebabkan keriput, bintik-bintik penuaan dan masalah kulit lainnya, serta meningkatkan risiko terjangkitnya kanker kulit.

Untuk melindungi kulit dari sinar matahari, yang bisa anda lakukan :

Gunakan Tabir Surya

Gunakan tabir surya dengan spektrum luas dengan SPF minimal 15. Terapkan tabir surya dengan murah hati, dan terapkan kembali setiap dua jam - atau lebih sering jika Anda berenang atau berkeringat.

Mencari Keteduhan

Hindari sinar matahari antara jam 10 pagi dan jam 2 sore, saat sinar matahari paling kencang.

Pakailah Pakaian Pelindung 

Tutupi kulit Anda dengan kemeja lengan panjang yang dilapisi erat, celana panjang dan topi bertepi lebar. Juga pertimbangkan aditif binatu, yang memberi pakaian lapisan perlindungan ultraviolet tambahan untuk sejumlah pencucian, atau pakaian pelindung sinar matahari khusus yang dirancang khusus untuk memblokir sinar ultraviolet.

2. Jangan Merokok

Merokok dapat membuat kulit Anda terlihat lebih tua dan menyebabkan keriput. Merokok dapat menyempitkan pembuluh darah kecil di lapisan paling dalam dari kulit, yang menurunkan aliran darah. Ini menghabiskan kandungan oksigen dan nutrisi yang penting bagi kesehatan kulit.
Merokok juga merusak kolagen dan elastin, serat yang memberi kekuatan dan elastisitas kulit Anda. Selain itu, ekspresi wajah berulang yang Anda buat saat merokok seperti mengerutkan bibir saat menghirup dan menyipitkan mata untuk mencegah asap dapat menyebabkan keriput.

Jika Anda merokok, cara terbaik untuk melindungi kulit Anda adalah dengan berhenti merokok. Tanyakan kepada dokter Anda tip atau perawatan untuk membantu Anda berhenti merokok.

3. Perlakukan Kulit Anda Dengan Lembut

Pembersihan harian dan mencukur bisa membahayakan kulit Anda. Untuk bisa tetap lembut:

Batasi waktu mandi 

Mandi air panas dan mandi berendam dapat menghilangkan minyak dari kulit Anda. Batasi waktu mandi atau shower Anda, dan gunakan air hangat saja bukan air panas.

Hindari sabun yang Kuat

Sabun dan deterjen yang kuat dapat melucuti minyak dari kulit Anda. Sebagai gantinya, pilih pembersih ringan.

Bercukur dengan hati-hati

Untuk melindungi dan melumasi kulit Anda, oleskan krim cukur, lotion atau gel sebelum dicukur.

Untuk bercukur paling dekat, gunakan pisau cukur yang bersih dan tajam. Bercukur ke arah rambut tumbuh, bukan melawannya.

Pat Kering

Setelah mencuci atau mandi, tepuk lembut atau keringkan kulit Anda dengan handuk kering sehingga beberapa uap air bersih dari kulit Anda.

Melembabkan Kulit Kering

Jika kulit Anda kering, gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk pemakaian sehari-hari, perhatikan pelembab yang mengandung SPF.


4. Makan Makanan yang Sehat

Diet sehat bisa membantu Anda melihat dan merasakan hasil yang terbaik. Makanlah banyak buah, sayuran, biji-bijian dan protein tanpa lemak. Hubungan antara diet dan jerawat memang belum jelas, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet yang kaya akan vitamin C dan rendahnya lemak tidak sehat dan karbohidrat olahan dapat membuat kulit tampak lebih muda.

5. Menghindari Stres

Stres yang tidak terkontrol bisa membuat kulit Anda lebih peka dan memicu jerawat berjerawat dan masalah kulit lainnya. Untuk mendorong kulit sehat dan keadaan pikiran yang sehat lakukan langkah-langkah untuk mengatasi stres Anda. Tetapkan batasan yang wajar, skalakan daftar tugas Anda dan luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai. Hasilnya mungkin lebih dramatis dari perkiraan Anda.
Share on Google Plus

About SFPBN

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar